Apa Itu Senam Irama?
Kategori :
Senam
Secara sederhana, senam irama
diartikan sebagai gerakan senam yang diiringi dengan music. Senam yang
juga dikenal dengan nama senam ritmik ini pada dasarnya memiliki gerakan
yang kurang lebih sama dengan jenis senam biasa. Letak perbedaannya
hanya pada penambahan fitur music yang bagi beberapa orang semakin
membuat semangat untuk melakukan senam menjadi-jadi. Gerakan yang ada
pada senam irama ini memerlukan kelenturan tubuh serta kontinuitas.
Senam irama ini biasa dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan alat
dan tanpa tambahan alat apapun. Jika Anda menggunakan opsi yang pertama,
maka alat yang bisa Anda pakai antara lain ganda, rongkat, simpai,
bola, topi,pita dan masih banyak lagi lainnya. Senam irama ini banyak
digemari karena memang mengasyikkan! Pernah mencoba?
Mereka yang rutin melakukan senam irama akan mendapati tubuh yang lebih sehat dan juga daya tahan tubuh yang lebih kuat. Selain itu, senam irama juga akan melatih tubuh untuk lebih lentur, lebih seimbang, lebih luwes, lebih fleksibel, dan juga memahami ritmik irama dengan benar. Dalam senam irama, terdapat berbagai varian gerakan. Akan tetapi bagi mereka pemula, sebaiknya menguasai gerakan dasar terlebih dahulu, antara lain:
Gerakan Langkah Kaki
Gerakan ini terdiri atas gerakan biasa, langkah biasa dan juga langkah keseimbangan. Gerakan biasa dilakukan dengan awalak tubuh dalam kondisi berdiri dan tegak, kemudian kaki melangkah ke arah kiri, selanjutnya langkahkan kaki kanan dan usahakan jatuh pada bagian tumit. Gerakan ini dilanjutkan dengan langkah kaki kanan dan kiri yang bergantian. Gerakan selanjutnya adalah “langkah biasa”. Caranya dengan memulai berdiri tegak kemudian kaki kanan dilangkahkan ke arah depan sedangkan kaki kikir ke belakang. Penutupnya adalah kaki yang merapat. Gerakan terakhir adalah “langkah keseimbangan”. Adapun caranya adalah dengan berdiri tegak kemudian menghitung 1 dengan lengkah kaki kiri ke arah depan dan hitungan ke dua dengan kaki kanan yang menyusul juga ke arah depan.
Gerakan Ayunan Tangan
Gerakan dalam senam irama ini terbagi atas beberapa jenis yakni ayunan satu lengan tangan depan dan belakang. Caranya cukup mudah, pertama beridi tegak dan melangkah ke kiri. Kedua tangan Anda usahakan lurus ke depan, begitu pula pandangan. Selanjutnya, ayunkan tangan anda satu per satu ke arah depan. Pada saat mengayun lengan, lutut Anda juga ikut mengeper. gerakan ini dilaksanakan dengan ketukan irama 4/4. Kemudian pada bagian penutup, kembali berdiri tegak dengan langkah kiri. Kedua tangan Anda diluruskan ke arah depan.
Gerakan selanjutnya adalah ayunan satu lengan tangan dari depan kemudian ke samping. Gerakan ini dimulai dengan badan yang tegak dan langkah ke kiri. Kemudian pandangan juga tangan lurus ke depan. Gerakan dimulai dengan mengayunkan lengat satu per satu. Pada saat gerakan ayunan dilakukan, kedua lutuut Anda harus mengeper. Gerakan ini diakhiri dengan kembali berdiri tegak dan tangan serta pandangan lurus ke depan.
gerakan terakhir adalah ayunan satu lengan ke arah samping dengan memindahkan berat badan Anda pada tumpuan lain. Gerakan dalam senam irama ini dimulai dengan berdiri tegak, kaki Anda dibuka dengan tangan yang terlentang. Adapun pandangan tetap menghadap ke depan. Gerakan dimulai dengan mengayun lengan bagian kanan juga kiri ke arahnya masing-masing. Saat Anda mengayunkan lengan, harus diikuti dengan lutut yang juga mengeper. Gerakan ini diakhiri dengan kaki yang tegak.
Alat yang biasa digunakan dalam senam irama |
Pembelajaran Senam Irama
---Senam
irama menurut perkembangannya ada tiga aliran, yaitu terdiri atas:
1. Senam
irama yang berasal dari seni sandiwara
2. Senam
irama yang berasal dari seni musik
3. Senam
irama yang berasal dari seni tari (balet)
1. Senam
irama yang berasal dari seni sandiwara, dipelopori oleh Delsarte tahun 1811 –
1871, seorang sutradara. Ia menghendaki agar gerakan dalam sandiwara yang
dibuat-buat itu dapat dilakukan dengan gerakan yang wajar. Tetapi ia belum
berhasil, karena sifat kesandiwaraan masih terlihat dalam aliran ini. Dialah
yang pertama-tama menciptakan system senam irama.
2. Senam
irama yang berasal dari seni music ini dipelopori oleh Jacques Dalcroze,
seorang guru music yang ingin menyatakan lagu-lagu dalam bentuk gerakan. Dalam
sistemnya sudah tentu lebih mementingkan music dari pada gerakan.
Murid Dalcroze, Bode, berpendapat bahwa gerakan itu
harus digerakkan dari dalam ke feri-feri. Maka senamnya terkenal dengan nama
“Ausdruk Gymnastiek” artinya senam yang dijalankan dengan penuh perasaan. Murid
Bode adalah yang sangat senang memberikan latihan dengan alat seperti bola,
gada dan simpai.
3. Senam
irama yang berasal dari seni tari, dipelopori oleh Rudolf Laban tahun 1879 –
1958. Ia berpendapat bahwa senam irama mengandung:
-
Dressur
-
Prestasi olahraga
Prinsip gerakan-gerakan dalam senam
irama ditentukan oleh:
1. Irama
2. Kelentukan
tubuh dalam gerakan (flexibilitas)
3. Kontinuitas
gerakan
Karena sifat tekanan seperti hal-hal
tersebut di atas itu lebih banyak dimiliki oleh putri, maka senam irama umumnya
dilakukan oleh putri.
Irama
Pada
dasarnya irama telah dikenal oleh mahasiswa semasa di Sekolah Menengah Pertama
maupun di sekolah Menengah Atas, misalnya irama: 2/3, 3/4, 4/4 dan sebagainya.
Kelentukan
tubuh dalam gerakan (flexibilitas).
Prinsip
kelentukan dalam gerakan akan diperoleh berkat latihan yang tekun dan akan
makan waktu yang cukup lama.
Kontinuitas
Gerakan
Kontinuitas
gerakan akan diperoleh dari rangkaian gerak-gerak senam yang telah disusun
dalam bentuk rangkaian yang siap ditampilkan. Ini membutuhkan latihan yang
tekun dan cukup lama. Maka demi terciptanya keserasian dalam gerak irama harus
dikuasai secara matang. Sebelum menginjak pada latihan dengan alat seperti
pita, bola, gada, tali dan simpai, terlebih dahulu harus mengenal dan menguasai
latihan dasar yaitu: macam-maam langkah, ayunan lengan dan sikap tubuh/posisi
tubuh di dalam melakukan latihan.
A.
Macam-Macam
Langkah
1. Langkah
biasa (looppas)
Gunakan irama 2/4 (dd), 3/4 (ddd),
4/4 (dddd) diambil sikap tegak, langkah kaki kiri, kedua lengan lepas di
samping badan. Pada bilangan “satu” langkahkan kaki kanan ke depan dengan
meletakkan tumit di depan telapak kaki kiri lalu baru ujung jari kaki yang
terakhir. Bilangan “dua” ganti langkah kaki kiri. Ingat, di dalam melangkah
lutut harus mengeper, tumit harus dijatuhkan.
2. Langkah
rapat (bijtrekpas)
Sikap tegak langkah kaki kiri. Pada
bilangan “satu” langkahkan kaki kiri ke depan. Bilangan “dua” kaki kanan
melangkah dan letakkan telapak-telapak kaki kanan sejajar dengan telapak kaki
kiri, lutut mengeper. Berikutnya ganti kaki kanan melangkah, kiri rapat,
ngeper. Lebih tepat gunakan irama 3/4 (ddd) dan 4/4 (dddd).
3. Langkah
kesetimbangan (balanspas)
Sikap tegak langkah kaki kiri. Pada
bilangan “satu” langkahkan kaki kiri ke depan. Pada bilangan “dua” kaki kanan
menyusul dan sebelum kaki kanan menapak (masih angkat tumit) kaki kiri mundur
diikuti kaki kanan menapak (masih angkat tumit) kaki kiri mundur diikuti kaki
kanan mundur merapat tetapi tidak ada saat berhenti. Irama 3/4 (ddd) dan 4/4
(dddd).
4. Langkah
depan (galoppas)
Untuk
memudahkan belajar galoppas ini langkah bijtrekpas sampai lancer baru ke
galoppas yang sebenarnya. Sikap tegak kaki kanan. Pada bilangan “satu”
langkahkan kaki kanan. Bilangan “dua” kaki kiri menyusul dan bersama-sama kaki
kanan melangkah lagi (satu-hep-dua). Selanjutnya langkahkan kaki kiri disusul
langkah kaki kanan, kemudian langkah kaki kiri lagi. Irama 3/4 (ddd) atau 4/4
(dddd).
5. Langkah
tiga (wallpas)
Harus menggunakan irama 3/4 (ddd).
Sikap tegak langkah kaki kanan. Pada bilangan “satu” langkahkan kaki kanan
lebar ke depan (selebar langkah normal). Bilangan “dua” langkahkan kaki
setengah langkah dan angkat tumit. Bilangan “tiga” langkahkan kaki kanan
setengah langkah dan angkat, selanjutnya ganti mulai kiri.
Koreksi: lutut jangan ditekuk,
pandangan ke depan.
6. Langkah
silang (kruispas)
Sikap tegak anjur kiri. Pada
bilangan “satu” silangkan kaki kiri di
muka kaki depan. Bilangan “dua” kaki kanan langkah ke samping kanan. Kruipas:
dapat mengambil sikap tegak langkah. Irama 2/4 (dd).
7. Langkah
samping (zijpas)
Sikap tegak langkah kaki kanan.
Pada bilangan “satu” langkahkan kaki kanan ke samping kanan. Bilangan “dua”
langkahkan kaki kiri rapatkan kaki kanan (langkah rapat-samping rapat). Irama
2/4 (dd).
8. Langkah
ganti (wisselpas)
Sikap
tegak langkah kaki kanan. Pada bilangan “satu” langkahkan kaki kanan ke depan.
Bilangan “dua” tepat saat mengucapkan “du” putar kaki kiri dan bersama-sama
dengan “a” letakkan kaki kiri dan langkahkan kaki kanan ke depan dengan cepat.
Langkah berikutnya mulai dengan kaki kiri. Irama 4/4 (dddd) atau 2/4 (dd).
9. Langkah
lingkar (huppelpas)
Sikap tegak langkah kaki kiri. Pada
bilangan “satu” langkahkan kaki kiri ke depan. Bilangan “dua” angkat kaki kanan
hingga sikap paha kurang lebih 90ยบ (kiri-kanan-kanan-kiri). Irama 4/4 (dddd)
atau 2/4 (dd)
10. Langkah
pantul (kaatspas)
Sikap tegak langkah kaki kiri. Pada
bilangan “satu” langkahkan kaki kiri ke depan, kaki kanan angkat. Bilangan
“dua” (langkah) letakkan kaki kanan ke tempat semula, angkat kaki kiri. Latihan
mulai dari kaki kanan pula. Langkah pantul ini bisa dikerjakan, ke samping dan
samping ke samping silang. Sikap: tegak langkah kaki kiri. Pada bilangan “satu”
langkahkan kaki kanan ke samping kanan kaki kiri. Angkat. Irama 4/4.
Variasi I:
muka-belakang-kiri-kanan.
Variasi II:
muka-belakang-samping-silang.
11. Langkah
silang lingkar (schaatsenrijderpas)
Sikap tegak langkahkan kaki kiri. Pada
bilangan “satu” angkat kaki kiri, tekuk pada paha silangkan paha kiri di depan
kaki kanan. Bilangan “dua” letakkan kaki kiri. Bilangan “tiga” dan “empat”
ganti kaki kanan. Irama 2/4, 4/4.
12.
Langkah putar
silang (draipas)
Sikap langkah kaki kiri. Pada bilangan “satu”angkat dan
langkahkan kaki kiri ke samping kiri. Bilangan “dua”putar badan 180° ke kiri
dan lanhkahkan kaki kanan, hingga menghadap ke arah sebaliknya. Bilangan
“tiga”putaran dilanjutkan, angkat kaki kiri dengan putaran melalui belakang
kaki kiri diletakan di samping kaki kanan kembali ke hadap semula. Jika mulai
dengan tegak anjur, maka pada bilangan “satu” kaki kiri tinggal memegang
mengangkat pada “sa” dan diletakan lagi pada “tu” (angkat – putar – samping –
belakang ).
B.
Latihan Tubuh Dengan Sikap Berdiri
1.
Sikap permulaan tegak
langkah kaki kiri kedua lengan di samping badan
Bilagan
“1” langkahkan kaki kiri ke samping kiri kedua lengan lurus ke atas. Bilangan
“2” liukkan badan ke samping kanan dengan memindahkan berat badan ke samping
kanan dengan memindahkan berat badan ke kiri. Kaki kanan lurus, kaki kiri
ditekuk. Bilangan “3”tegak kembali. Bilangan “4” kaki kiri rapat, kedua lengan
kembali ke samping badan Irama 4/ 4 atau 2/ 4.
2.
Sikap
permulaan tegak langkah kaki kiri kedua lengan lurus ke depan
Bilangan
“1” putar lengan kanan ke samping kanan badan, langkahkan kaki kanan ke
belakang. Bilangan “23” liukkan badan ke samping kiri, lengan kanan di samping
atas kepala. Bilangan “3” badan tegakkan, lengan kanan ayunkan kembali ke depan
pada bilangan “4”. Irama 4/ 4.
3.
Sikap
permulaan tegak anjur kaki kiri kedua lengan ke samping kanan
Bilangan
“1” dan “2” putar kedua lengan ke muka badan satu setengah lingkaran berakhir
pada bilangan “2” di sebelah kiri dan kaki kanan di angkat lurus ke samping.
Bilangan “3” dan “4” putar kembali kea rah kebalikan. Irama 4/ 4.
4.
Sikap permulaan
tegak langkah kaki kiri kedua lengan dengan meluruskan ke depan
Bilangan “1” ayun lengan ke belakang. Bilangan “2” ayun
kembali ke depan. Bilangan “3” dan “4” putar kedua lengan melalui bawah di
samping badan. Bilangan “5”,”6”,”7”,”8”, latihan yang sama dengan arah
kebalikan . ingat, lutut selalu mengeper.
5.
Sikap permulaan
anjur kaki kiri, ke samping kiri kedua lengan rentangkan.
Bilangan “1” ayun kedua lengan silang dimuka badan.
Bilangan “2” ayun lengan kembali. Bilangan “3” ayun kedua lengan silang ke
belakang badan. Bilangan “4” ayun lengan kembali. Ingat pindahkan berat badan.
Bilangan “5”,”6” ulang “1”,”2” bilangan “1”,”2” bilangan “7”,”8” ulang”3”,”4”.
6.
Sikap permulaan
anjur kiri ke samping kiri kedua lengan rentangkan kesamping
Bilangan “1” ayun kedua lengan silang dimuka badan.
Bilangan “2” ayun kembali. Bilangan “3” dan “4”, putar kedua lengan silang
dimuka badan. Bilangan “5” ayun kedua lengan kesamping. Bilangan “6”ayun kembali
bilangan “7” dan “8” putar kedua lengan keluar (ke samping). Ingat pindahkan
berat badan. Irama 4/4 dan ¾.
7.
Sikap permulaan
tegak langkah kaki kiri, kedua lengan dimuka dada
Bilangan “1” langkahkan kaki kiri silang ke kanan kedua
lengan terlentang pandangan ke tangan kiri. Bilangan “2” kembali kesikap
semula. Bilangan “3” langkahkan kaki kanan. Bilangan “4” kembali kesikap
semula. Ingat: langkahkan kaki dengan dengan ujung kaki dulu dan mengeper.
Irama 4/4. Dapat juga 2/4.
8.
Sikap permulaan
tegak langkah kaki kiri, kedua lengan disamping badan
Bilangan “1” langkahkan kaki kiri ke depan, ayun kedua
lengan lurus ke atas. Bilangan “2” pindahkan berat badan ke belakang, sambil
membungkukkan badan ke muka, ujung tangan ke ujung kaki, pandangan keperut.
Bilangan “3” tegak kembali. Bilangan “4” kaki kiri rapatkan dan kedua lengan
bersikap kembali kesikap semula. Bilangan “5”,”6”,”7”,”8”, latihan yang sama
ganti kaki. Ingat: waktu melangkah loncatan ke depan. Irama 4/4 atau 2/4 – 3/4.
Disini
ditampilkan sebuah rangkaian yang pendek
dan sederhana
1. Mulai
dengan sebuah sikap awal, lalu ke posisi berlutut, dilanjutkan dengan berguling
pada perut kemudian duduk sambil berputar.
2. Bangun,
berdiri lakukan putaran badan setengah lingkaran dan lakukan lari dua langkah
ke depan lakukan dengan split laeps.
3. Langkah
ke depan dan tiga kali putaran badan ayunan satu tungkai ke belakang
dilanjutkan membuat sikap setimbang.
4. Langkah
ke depan lanjutkan badan merunduk (body wave) lalu lentingkan ke belakang.
5. Lakukan
dua langkah lari dengan waltz steps dan cat leap ke depan.
6. Langkah
ke depan dan lakukan arabesque hop lalu kaki ayunkan ke depan.
7. Melangkah
ke depan, langkahkan kaki bersama-sama (kedua kaki rapat) dan lakukan sebuah
loncatan “rasa”
dari tolakkan kedua kaki dengan mendarat satu kaki.
8. Badan
berputar kemudian badan dilentingkan ke belakang.
9. Melangkah
ke depan, dan melangkah lagi lakukan doublepirouette.
C.
Senam
Irama Dengan Alat
Sesuai
dengan laju dan perkembangan cabang-cabang olahraga, begitu pula dengan cabang
olahraga senam irama, dulu disebut Rhytmic Gymnastics (senam irama) pada masa
sekarang disebut modern Rhytmic Gymnastics.
Pada
senam irama modern ini selain mempertandingkan rangkaian Senam Irama Modern
tanpa alat tangan, alat lima alat yang dipertandingkan baik secara perorangan
maupun secara beregu. Alat tersebut terdiri atas: bola (balls), tali (ropes),
simpai (hoops), pita (ribbons) dan gada (clubs).
Kelima
permainan itu boleh dimainkan secara perorangan dan boleh secara beregu. Setiap
alat mempunyai karakteristik masing-masing.
1. Bola
(balls)
Ukuran bola tidak terlalu
besar juga tidak terlalu kecil,
asal dapat dipegang oleh jari-jari tangan dan dapat dikuasai agar tidak mudah
jatuh. Bola boleh terbuat dari karet atau plastik. Kompetisi berat bola 400gr,
lingkarannya 18-20 cm.
Cara memainkannya:
Bola boleh dilempar ke
atas kemudian ditangkap lagi, boleh digelundungkan baik di lantai maupun pada
tubuh si pesenam sendiri.
2. Tali
(ropes)
Tali seluruhnya terbuat
dari bahan yang halus, tidak ada tempat memegang yang khusus. Panjang tali
disesuaikan dengan tinggi pesenam itu sendiri. Cara mengukurnya, tengah-tengah
tali diinjak oleh salah satu kaki si pesenam kedua ujung tali dipegang oleh
tangan kiri dan kanan kemudian ujung tali yang dipegang diletakkan di depan
bahu.
Cara memainkannya:
Tali dipegang ujungnya
baik satu tangan maupun oleh kedua tangan.
Tali bebas untuk
dimainkan, boleh dilewatkan ke atas kepala atau ke bawah telapak kaki sambil
loncat, boleh di lempar ke atas, yang penting tali itu tetap dikuasai dan
dimainkan selama waktu rangkaian yang sudah ditentukan.
3. Simpai
(hoops)
Boleh dibuat dari kayu
atau plastik ataupun dari bahan lainnya. Berat sebuah simpai tidak lebih dari
300 gram, warnanya bebas boleh putih, kuning atau warna campuran
(belang-belang). . tidak termaksud tongkat untuk orang dewasa diameter atau
garis tengahnya. 80-90 cm diukur dari sebelah dalam.
Cara memainkannya:
Dalam penampilan simpai
boleh dipegang oleh satu tangan ataupun dua tangan. Sebelum dapat memainkan
simpai dengan baik harus dikuasai macam-macam cara pegangnya. Misalnya: Reguler
grip, Reserve grip, Inside grip, Outsite grip dan mixed grip. Simpai boleh
dilempar, boleh digelundungkan, menurut teknik dan peraturan-peraturan yang
berlaku.
4. Pita
(ribbons)
Terbuat dari bahan yang
halus seperti kain saten. Panjang pita 6 meter tidak termaksud tongkat (stick)
untuk pegangan. Berat pita termaksud tongkat (stick) untuk pegangan 35 gram.
Tongkat untuk pegangan terbuat dari kayu, bamboo atau bahan lain, misalnya
fiber glass. Panjang stick 50-60 cm. Diameter stick 1 cm. Mengayun, memutar,
mempuat angka delapan, berbelit-belit seperti ular, spiral dan macam-macam
lemparan.
5. Gada
(clubs)
Terbuat dari kayu atau
bahan plastik, bentuk gada hampir sama dengan botol. Panjang gada 40-50 cm.
Berat gada 150 gram.
Latihan dengan gada:
-
Mengayun, memutar,
memukul, melempar dan menangkap.
Dari
kelima alat masing-masing di dalam melakukan rangkaian diiringi music. Lapangan
yang dipergunakan untuk suatu rangkaian senam irama ialah lantai yang ditutup
oleh matras yang berukuran 12 X 12 cm.
D.
Komponen-Komponen
Kesegaran Jasmani yang Terdapat dalam Senam
Kesegaran
jasmani pada hakekatnya bukan sesuatu keadaan yang berdiri sendir, melainkan
lebih merupakan perpaduan dari beberapa komponen. Pemisahan atau
membeda-bedakan komponen-komponen itu saaatu sama lain hanya mungkin dalam
perbincangan teori, karena selalu saja ada bagian-bagian yang tak dapat
dipisahkan.
Ada
empat komponen dasar yang mutlak diperlukan dalam memelihara dan meningkatkan
kesegaran jasmani serta sikap tubuh yang baik yaitu kekuatan otot, kelentukan,
daya tahan dan relaksasi. Keempat komponen dasar tersebut dapat dilakukan
melalui kegiatan senam.
1. Kekuatan
otot
Kekuatan otot yang dalam bahasa
Inggris disebut “Muscular Streengght” merupakan komponen dasar yang penting
dalam menyelesaikan tugas-tugas fisik yang memerlukan pengerahan tenaga.
Kekuatan ialah kemampuan mengerahkan tenaga dalam melawan beban atau tahanan.
Otot-otot yang kurang diberi pekerjaan atau
kurang terlatih cendrung menjadi lemah,
kendor, kurang tenaga. Namun dengan latihan dan kerja yang teratur dan
berkesinambungan maka otot-otot akan menjadi kuat. Dengan senam yang
direncanakan kekuatan dapat dikembangkan serta tegangan otot diperbaiki.
Kekuatan penting dalam kegiatan manusia, selain itu juga untuk memelihara bentuk tubuh dan sikap yang baik. Namun perlu
diingat bahwa tidak setiap pekerjaan memerlukan kekuatan otot yang sama. Karena
itu tidak sepatutnya kita berharap agar setiap orang memiliki kekkuatan yang
sesuai dengan jenis pekerjaannya.
Pola-pola kegiatan yang menggunakan
kekuatan otot contohnya ialah menari beban seperti pada tarik tambang atau
menarik pedati,
mendorong benda berat, menjinjing dan menjunjung. Pola kegiatan lain yang
menggunakan kekuatan yang dipadukan dengan kecepatan, contohnya menendang bola
dengan keras.
Perpaduan kekuatan dan kecepatan
disebut “power” memang peranan penting
dalam keterampilan olahraga. Otot-otot terdiri atas sejumlah fibrin (serabut
otot) yang secara genetis jumlahnya tidak ssama bagi setiap individu. Jumlah
fibril yang lebih banyak mempunyai potensi fungsional lebih tinggi dari yang
kurang. Artinya dapat lebih kuat, bila sama-sama dilatih. Otot yang terlatih
menjadi lebih besar, fibril-fibril lebih
gemuk dan menjadi lebih kuat. Besarnya otot ada hubungannya dengan
kekuatan dan daya tahannya.
2. Kelentukan
Kelentukan ialah derajat kemampuan
gerak pada berbagai persendiaan atau beberapa persendiaan. Seperti gerakan
melipat siku hanya bekerja satu persendiaan yaitu persendian engsel. Tetapi
pada gerakan membungkuk yang bekerja adalah sejumlah persendiaan, yaitu
tulang-tulang leher, punggung, pinggang. Kelentukan merupakan syarat mutlak
untuk mengerahkan kekuatan dengan derajat kemungkinan gerak penus secara efisien.
Sebagai contoh misalnya gerakan mengambil bola (cock) rendah dekat net pada
permainan bulu tangkis, di mana pemain harus melangkahkan kaki secara penuh
sambil menyodorkan tangan ke depan. Walaupun pada gerakan ini kekuatan dan
kecepatan bekerja, tetapi peranan kelentukan sangat menentukan.
3. Daya
tahan
Daya tahan sering diberi batasan
sebagai kemampuan secara jasmaniah seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan
tertentu dalam waktu yang cukup panjang tanpa sesudahnya mengalami kelelahan
yang berlebihan, dalam arti pulih dalam waktu yang wajar.
Daya tahan adalah kemampuan menunda
kelelahan yang akan menyertai kerja fisik. Batasan ini sebenarnya sama
pengertiannya dengan yang terdahulu. Daya tahan ada bermacam-macam seperti daya
tahan mengetik selama lima jam dalam sehari, seharian mendaki bukit, berlari
satu setengah kilo meter dan lain-lain. Namun demikian daya tahan itu secara
praktis menyangkut kemampuan kerja sistem cardio vascular respiratory (sistem
peredaran darah dan pernafasan) yang disebut juga ergosistem sekunder.
a. Daya
tahan otot
Daya tahan otot ialah daya tahan
setempat (lokal) pada otot yang bekerja untuk sesuatu kegiatan. Daya tahan otot
bergantung pada dua hal yaitu kekuatan otot dan pengerahan (suplai) darah
terhadap kelompok-kelompok otot tersebut. Otot-otot dengan kekuatan yang lebih
besar mempunyai daya tahan yang lebih besar pula.
Dengan kata lain yang lebih kuat
kerjanya lebih efisien dan kelelahan dikurangi. Sebagai contoh misalnya
seseorang yang tangannya berotot kuat akan dapat melakukan gerakan push up
lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan berotot kurang kuat.
b. Daya
tahan cardio vascular respiratory
Daya tahan ini menyangkut kemampuan
tubuh untuk mengerahkan daerah yang mengandung O2 dan nutrisi kejaringan tubuh
yang aktif, serta menyangkut sisa-sisa metabolism kea lat-alat pengeluarannya.
Itu semua berhubungan dengan kekuatan dan tonus (tegangan) jantung. Kerja
paru-paru, peredaran darah dan mobilisasi cadangan energi dalam menghadapi
tekanan yaitu latihan jasmani dan kerja.
Jantung adalah otot seperti
otot-otot yang lain bila terlatih menjadi lebih kuat dan sebagai akibatnya
dapat memompa darah lebih banyak, dengan demikian maka denyut nadi lebih
tenang. Jantung yang lebih kuat lebih cepat bereaksi terhadap kegiatan jasmani
yang meningkat, tetapi juga lebih cepat menurun kea rah normal denyutannya.
Latihan daya tahan cardio vascular
respiratory selain memperkuat jantung yang berarti melancarkan peredaran darah
juga mempengaruhi kapasitas vital yaitu jumlah O2 yang dapat diambil oleh paru-paru
pada saat bernafas, sehingga tarikan nafas pada saat istirahat tidak dalam.
4.
Relaksasi
Komponen keempat dari pada
kesegaran jasmani adalah relaksasi. Komponen ini sebenarnya bersifat jasmaniah
dan rohaniah. Secara jasmaniah maka relaksasi adalah kemampuan melepaskan
ketegangan yang berlebihan pada saraf otot.
Ketegangan yang berlebihan pada
saraf dan otot dapat disembuhkan dengan
berolahraga yang mengandung unsur rekreatif. Saraf dan otot harus berada dalam
tegangan yang optimal. Dalam keadaan demikian otot cepat reaksinya dan mudah
serta bebas gerakannya.
Ketegangan yang berlebihan biasanya
terjadi karena beberapa sebab seperti kekurangan tidur, lelah, kurang gizi,
tekanan darah tinggi, kedaan emosi, masalah postur dan keadaan lingkungan.
Hipertensi otot menyebabkan kerja
tidak efisien karena banyak menyebabkan tenaga sehingga cepat menjadi lelah. Di
samping itu dapat menghambat kemampuan tidur dan beristirahat dengan baik, jadi
jika Anda merasa tegang karena kesal atau bosan carilah kegiatan yang dapat
mengembalikan semangat dan menyehatkan badan. Bila anda selalu merasa lesu atau
lelah carilah sebabnya bukan hanya pada kerja Anda melainkan juga pada gizi
Anda, istirahat anda dan tidur Anda. Relaksasi adalah masalah individual.
Trims Atas infonya..
BalasHapusuntuk senam ritmik ini berasal dari mana ya...
dan tempat jual baju senam ritmik yang berkualitas dan murah dimana ya...
mohon pencerahnnya
semangat pagi guys..
BalasHapussenam irama ini emang senam yg enak, murah, dan enjoy banget y sis..
trus pake baju senam terbaru yang pas dan gk bikin ribet
hasilnya pasti maksimal banget sist..